Combating Polarization through the Role of Active Audience in Social Media Activism

Stakeholder Media and Its’ Impact on Polarization in the Digital Era

Enhance Your Program through Transmedia Approach

Populism on the Eye of the Structure

Tema Media Matters 2019

Finding Utopia within the Dystopia

Dewasa ini, pertengkaran di media sosial bukanlah pemandangan yang asing. Setiap harinya, orang-orang meributkan apa saja yang dapat menyulut emosi di kolom komentar atau rangkaian cuitan. Perdebatan pun semakin ramai, apalagi dengan situasi politik sekarang yang kian mendekati Pemilihan Presiden 2019. Masyarakat seakan-akan terbagi dalam kubu-kubu yang saling beroposisi, memperdebatkan nilai kelompok mana yang paling benar. Hal inilah yang disebut polarisasi.

Masyarakat yang telah terpolarisasi menyebabkan terciptanya jarak yang lebih luas antar kelompok masyarakat. Hal ini diperparah dengan adanya relasi kuasa yang timpang di antara kelompok tersebut— yang ujung-ujungnya melanggengkan dominasi dan opresi dalam tatanan sosial. Maka, penting untuk tahu apa sebenarnya yang menyebabkan pesatnya perkembangan polarisasi sekarang ini.

Media Matters mengajak peserta untuk melihat polarisasi sebagai akibat dari dua faktor penentu yang tak dapat dipisahkan: sosio-politik dan teknologi. Dengan meneliti faktor-faktor ini, harapannya, terciptalah kesadaran bersama bahwa kita semua, sebagai bagian dari masyarakat dan pengguna teknologi, juga punya andil dalam mencegah dampak buruk polarisasi.

18 Februari – 20 Maret 2019

Setelah mendaftar dan melakukan pembayaran, peserta akan mendapatkan brief I yang akan dikerjakan di domisili masing-masing. Hasil pengerjaan brief I ini akan dipakai untuk menyeleksi 5 (lima) tim terbaik yang kemudian menjadi finalis dan diundang untuk mengikuti rangkaian acara Pekan Komunikasi 2019.

8 – 10 April 2019

5 (lima) finalis akan diundang untuk mengikuti rangkaian acara Pekan Komunikasi 2019. Selama mengikuti acara Pekan Komunikasi, finalis akan mendapatkan berbagai skill development melalui seminar, lokakarya, dan Kunjungan.

5 – 10 April 2019

Usai mendapat pembekalan, para finalis akan diberi tantangan pada brief 2 berupa mock up kampanye yang akan dikerjakan sesuai dengan ketentuan. Brief kedua akan berbeda dengan brief pertama.

11 April 2019 

Finalis akan mempresentasikan hasil pengerjaan brief 2 di hadapan juri. Dari sini akan terpilih juara 1, 2, dan 3 Media Matters 2019.

Lomba

Combating Polarization through the Role of Active Audience in Social Media Activism

Praktik umum polarisasi yang berkembang di kancah perpolitikan dewasa ini menjadi sebuah gerakan memecah, dimana terjadi fenomena; “kita” melawan “mereka”. Hal ini merupakan apa yang disebut dengan polarisasi. Kondisi polarisasi ini juga semakin berkembang dengan adanya faktor-faktor teknologi seperti profiling dan filter bubble. Dalam lomba ini, Media Matters 2019 ingin mengangkat peran active audience dalam menanggapi polarisasi yang muncul di Indonesia. Fokus dari kajian yang diangkat adalah bagaimana khalayak sebagai aktor politik secara aktif merespons narasi polarisasi yang beredar; dari perspektif konformitas ataupun resistensi. Kajian ini akan kemudian dituangkan dalam bentuk proposal kampanye, mock-up dan presentasi.

  1.  Peserta bersifat tim, terdiri atas 3 (tiga) anggota
  2.  Seluruh anggota tim adalah mahasiswa aktif D1/D2/D3/D4/S1 yang berasal dari universitas yang sama
  3. Pendaftaran bersifat Closed Brief. Peserta harus melakukan pembayaran terlebih dahulu sebelum mendapatkan brief
  4. Biaya Pendaftaran: Rp180.000,- (seratus delapan puluh ribu rupiah) per tim

Total Hadiah​

0

#2

0

#1

0

#3

0

Seminar

Stakeholder Media and Its' Impact on Polarization in the Digital Era

Media Matters berkolaborasi dengan Journalight akan membawakan seminar yang membahas mengenai stakeholder media serta dampaknya terhadap polarisasi di era digital ini. Seminar ini akan berusaha mengkaji posisi konten stakeholder media melalui sisi jurnalisme, serta dampak konten-konten tersebut terhadap terbentuknya echo chamber dan polarisasi bagi tiap individu dalam masyarakat sebagai pengguna media sosial. 

Seminar ini akan dibagi menjadi tiga sesi; sesi pertama membahas mengenai stakeholder media serta keadaan jurnalisme pada era digital, sesi kedua membahas mengenai dampak stakeholder media terhadap polarisasi pada pengguna media sosial, dan sesi ketiga merupakan sesi tanya jawab bagi peserta seminar.

Rizky Rahadianto

Senior Producer
Vice

Ari Trismana

Producer & Director
Watchdoc.org

Agus Sudibyo

Ketua Komisi Pengaduan
Masyarakat dan Penegakan Etika
Dewan Pers

Indriyatno Banyumurti

Program Coordinator
ICT Watch

Ismail Fahmi (Founder) & Yan Kurniawan (Analis Media)

Drone Emprit

Bram Hendrawan

Lecturer and Researcher from Arnhem Business School & HAN University

Lokakarya

Enhance Your Program through Transmedia Approach

Maraknya digitalisasi media telah melahirkan konsep transmedia yang memungkinkan sebuah konten untuk menjadi fluid; mengalir dari satu platform ke platform lainnya. Hal ini merupakan kesempatan emas bagi produsen teks untuk menjangkau khalayak yang lebih luas. Melalui strategi transmedia, khalayak mendapatkan pengalaman tersendiri dalam berinteraksi dengan konten. Lokakarya ini akan memberi keterampilan bagi peserta dalam mengimplementasikan strategi transmedia ke dalam konten yang telah diproduksi.

Hadi Ismanto

Founder
Manual Jakarta

Sabda Armandio

Manager Multimedia
Tirto.id

Kunjungan

Polarization on
the Eye of the Structure

Kunjungan Media Matters 2019 bertujuan untuk memperlihatkan secara langsung kepada peserta respon dan tindakan dari sudut pandang struktur, yaitu pemerintahan, dalam melihat fenomena user engagement masyarakat di ekosistem digital. 

Kantor Staf Presiden