New Media in Gateless Era

Stakeholder Media and Its’ Impact on Polarization in the Digital Era

Creating Media Like a Pro

Growth Hacking Strategy for New Media in Digital Era

Tema Journalight 2019

Gateless Gatekeeper

Era monopoli media massa akan alur komunikasi publik telah lewat dan selesai. Mari kita sambut era baru di dunia jurnalistik, era di mana persebaran informasi telah terdesentralisasi dan membuat “gerbang” yang telah dibangun serta dijaga oleh media massa selama bertahun-tahun menjadi semakin tidak signifkan. Dengan bantuan teknologi internet yang semakin terjangkau, sekarang masyarakat semakin bebas untuk mencari  informasi yang mereka butuhkan. Era ini memberikan jurnalis tantangan dan kesempatan baru yang belum pernah dialami oleh jurnalis-jurnalis sebelumnya. Selamat datang dan selamat berjuang wahai kalian penjaga gerbang di era tanpa gerbang.

18 Februari – 20 Maret 2019

Setelah mendaftar dan melakukan pembayaran, peserta akan mendapatkan brief I yang akan dikerjakan di domisili masing-masing. Hasil pengerjaan brief I ini akan dipakai untuk menyeleksi 3 (tiga) tim terbaik yang kemudian menjadi finalis dan diundang untuk mengikuti rangkaian acara Pekan Komunikasi 2019.

3 – 10 April 2019

Melalui brief 2 ini, finalis diminta untuk memperbaiki dan menyunting kembali karya yang sudah dikirimkan pada brief 1 berdasarkan atas penilaian dan komentar juri.

8 – 10 April 2019

3 (tiga) finalis akan diundang untuk mengikuti rangkaian acara Pekan Komunikasi 2019. Selama mengikuti acara Pekan Komunikasi, finalis akan mendapatkan berbagai skill development melalui seminar, lokakarya, dan kunjungan.

11 April 2019

Finalis akan mempresentasikan hasil pengerjaan brief 2 di hadapan juri. Dari sini akan terpilih juara 1, 2, dan 3 Journalight 2019.

Lomba

New Media in Gateless Era

Digitalisasi komunikasi membawa banyak kesempatan dan potensi bagi siapa saja untuk mulai berkreasi dan membuat medianya sendiri. Melalui kompetisi ini, journalight ingin mengajak mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk mengeluarkan ide terbaiknya dan berani untuk merancang media berita sesuai dengan keinginan dan idealisme masing-masing. Ide tersebut nantinya akan dituangkan dalam bentuk proposal keredaksian, prototipe dan presentasi.

 

    

1. Peserta bersifat tim, terdiri atas maksimal 5 (lima) anggota

2. Seluruh anggota tim adalah mahasiswa aktif D1/D2/D3/D4/S1 yang berasal dari universitas yang sama

3. Pendaftaran bersifat Closed Brief. Peserta harus melakukan pembayaran terlebih dahulu sebelum mendapatkan brief

4. Biaya Pendaftaran: Rp150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah) per tim

Total Hadiah​

0

#2

0

#1

0

#3

0

Seminar

Stakeholder Media and Its' Impact on Polarization in the Digital Era

Journalight berkolaborasi dengan Media Matters akan membahas hadirnya stakeholder media, media yang didirikan untuk mendorong kepentingan tertentu, dan mempertanyakan kelayakan kontennya dari segi jurnalistik. Seminar ini juga akan mengkaji bagaimana hadirnya stakeholder media dapat memunculkan polarisasi di masyarakat.

Rizky Rahadianto

Senior Producer
Vice

Ari Trismana

Producer & Director
Watchdoc.org

Agus Sudibyo

Ketua Komisi Pengaduan
Masyarakat dan Penegakan Etika
Dewan Pers

ICT Watch

TBA

Ismail Fahmi (Founder) & Yan Kurniawan (Analis Media)

Drone Emprit

Bram Hendrawan

Lecturer and Researcher from Arnhem Business School & HAN University

Lokakarya

Media
Preparation 101

Lokakarya dengan tema “Media Preparation 101” menjadi mata acara yang membekali peserta dengan pengetahuan dan kemampuan untuk membuat media yang berkualitas. Dalam lokakarya kali ini, peserta akan mendapatkan wawasan dalam merancang sebuah media produk jurnalistik pada era media digital.

Rizky Rahadianto

Senior Producer
Vice

Albizia Akbar

Content Lead
KokBisa

Kunjungan

Growth Hacking Strategy for New Media in Digital Era

Peserta Journalight akan mengunjungi perusahaan media yang awalnya terbentuk menggunakan teknologi digital. Peserta diharapkan mendapatkan ilmu mengenai bagaimana sebuah media baru berbasis digital dapat berkembang pesat di antara banyaknya media digital yang bermunculan.

Facebook Indonesia

Kumparan