Deconstructing the Cashless Society

Living on a Cashless Society in Disruption Era

When an Advertisement Shifted You

Start-Up 101: Becoming A Digipreneur in the Cashless Era

Tema Adwar 2019

Cashless Society

Fenomena berubahnya perilaku masyarakat dalam bertransaksi yang kini mulai bersifat nontunai menjadi salah satu fenomena digitalisasi yang sedang terjadi secara masif di era modern ini. Banyak perusahaan berlomba-lomba menyediakan jasa pembayaran nontunai dengan tujuan menarik minat masyarakat. Hal ini tentunya dilakukan agar masyarakat segera mengubah cara bertransaksinya. Akan tetapi, apakah perubahan perilaku dalam bertransaksi ini menjadi sebuah kebutuhan yang baru?

Membuat iklan mengenai ‘cashless’ bukanlah sesuatu yang mudah. Para pengiklan dituntut untuk meyakinkan masyarakat agar mengubah kebiasaan sehari-harinya dalam bertransaksi menjadi lebih digital. Selain dibuat untuk meyakinkan masyarakat, para penyedia jasa transaksi nontunai ini juga harus dapat bersaing dengan penyedia jasa lainnya agar menjadi pilihan utama masyarakat.

18 Februari – 20 Maret 2019

Peserta harus mendaftarkan terlebih dahulu untuk dapat mengunduh brief. Setelah mengerjakan dan mengumpulkan hasil pengerjaan brief, akan dipilih 5 (lima) tim terbaik yang akan menjadi finalis Adwar untuk mengikuti rangkaian acara Pekan Komunikasi 2019.

5 – 11 April 2019

Babak ini hanya akan diikuti oleh para finalis yang terpilih. Babak ini dilangsungkan di wilayah domisili masing-masing serta akan dilanjutkan pengerjannya di wilayah kampus UI, Depok. Brief selanjutnya akan diberikan setelah pengumuman finalis.

8 – 10 April 2019

Lima finalis Adwar akan diundang untuk mengikuti rangkaian acara Pekan Komunikasi di Universitas Indonesia, Depok. Tidak hanya berkompetisi, di Pekan Komunikasi, finalis Adwar akan belajar banyak hal terkait dengan kajian media melalui berbagai rangkaian acara: lokakarya, seminar, dan kunjungan.

11 April 2019 

Setelah mengikuti rangkaian acara, tibalah saatnya bagi seluruh finalis Adwar untuk mempresentasikan karyanya di hadapan para juri. Nantinya dari para finalis akan dipilih 3 (tiga) tim pemenang yang akan memperebutkan total hadiah Rp15.000.000,- (lima belas juta rupiah).

Lomba

Deconstructing the Cashless Society

Melihat fenomena cashless society yang sedang marak, peserta Adwar ditantang untuk melakukan analisis dari segi konsumen. Setelahnya, analisis ini akan dijadikan landasan menyusun strategi komunikasi yang tepat untuk suatu layanan keuangan nontunai.

      

  1. Peserta bersifat tim, terdiri atas 2 (dua) anggota. 
  2. Seluruh anggota tim adalah mahasiswa aktif D1/D2/D3/D4/S1 yang berasal dari universitas yang sama. 
  3. Pendaftaran bersifat Closed Brief. Peserta dapat mengunduh brief lomba setelah melakukan pembayaran. 
  4. Biaya Pendaftaran: Rp150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah) per tim

Total Hadiah​

0

#2

0

#1

0

#3

0

Seminar

Living on a Cashless Society in Disruption Era

Seminar Adwar Pekan Komunikasi 2019 adalah seminar yang membahas mengenai fenomena cashless society dari sudut pandang brand dan pihak-pihak yang terlibat. Seminar akan membahas lebih dalam bagaimana fenomena cashless yang sedang terjadi di dunia digital di Indonesia dan efeknya terhadap pola perilaku masyarakat Indonesia di kehidupan sehari-hari ditinjau dari perspektif brand dan konsumen.

Tommy Bong

Business Development
GO-PAY

Alika Islamadina

Influencer/Penyanyi

TBA

Lokakarya

When an Advertisement Shifted You

Pemateri dari lokakarya Adwar merupakan perwakilan agensi digital periklanan dan perwakilan perusahaan atau brand yang menggunakan produk dari konsep Cashless Society. Terkait dengan durasi dan pembagian konten, acara lokakarya Adwar 2018 akan terbagi menjadi dua sesi.

Rian Prabana

Strategic Planning Lead
Hakuhodo Indonesia

TBA

Kunjungan

Start-Up 101: Becoming A Digipreneur in the Cashless Era

Kunjungan Adwar 2019 akan mengajak peserta mengetahui lebih jauh dinamika kerja perusahaan start-up yang mengedepankan e-payment sebagai nilai jualnya. Tidak hanya itu, peserta juga akan diajak menyelami era cashless dipandu oleh orang-orang yang berkeahlian di bidangnya dan mengeksplorasi pemanfaatan media digital untuk menjadi seorang digipreneur!

TBA